KNOWLEDGE AND SKILLS ARE TOOLS, THE WORKMAN IS CHARACTER AND KNOWLEDGE IS TREASURE, BUT THE PRACTICE IS THE KEY TO GET IT !!

Suporter Bule dukung Indonesia Juara AFF 2010




Jakarta - Ada yang menarik di tengah kerumunan penonton hari pertama Suzuki AFF Cup 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Tiga orang Inggris tampak antusias membeli pernak-pernik Indonesia.

John, Jerry dan Harris tampak memilih-memilih barang yang ditawarkan pedagang kaki lima di sekitar area Gelora Bung Karno. Ada syal, baju polo dan replika kostum Timnas Indonesia.

Melalui seorang penerjemah dadakan, yang juga baru bertemu di tempat itu, ketiga orang Inggris itu awalnya kesulitan menemukan baju yang seukuran mereka. Maklum, seperti layaknya orang Eropa, ukuran standar orang Indonesia terlalu kecil untuk mereka.
Namun setelah berpindah beberapa penjual, mereka mendapatkan baju polo dengan ukuran XL. Ketiganya membeli beberapa syal dan baju polo.
Kepada INILAH.COM, John yang ternyata bekerja di bagian urusan haji mengaku tahu mengenai Piala AFF lewat surat kabar dan televisi.
“Kami dari Inggris, tentu saja kami suka sepak bola,” ketika ditanya alasannya menonton Piala AFF.
Meski tidak tahu banyak mengenai peta kekuatan di Asia Tenggara, John dan ketiga kawannya yang akan menyaksikan laga antara Indonesia melawan Malaysia itu mendukung Indonesia, sesuai pernak-pernik yang dibelinya.
“Ya, kami dukung Indonesia,” lanjutnya, yang justru bertanya balik. “Kami tidak tahu banyak mengenai Malaysia, siapa yang lebih hebat?”
Ketika diberitahu INILAH.COM, bahwa secara historis Indonesia lebih unggul atas Malaysia, ketiganya lega. “Berarti kami mendukung tim yang tepat,” ujar John.
Terakhir, saat ditanya negara mana yang mereka favoritkan jadi juara, ketiganya satu suara. “Insya Allah, Indonesia,” ujar John, yang sudah tujuh tahun terakhir bolak-balik ke Indonesia setiap musim haji tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar