KNOWLEDGE AND SKILLS ARE TOOLS, THE WORKMAN IS CHARACTER AND KNOWLEDGE IS TREASURE, BUT THE PRACTICE IS THE KEY TO GET IT !!

Indonesia Menang 2-1 atas Thailand


Hasil Indonesia vs Thailand. Indonesia sukses melaju kebabak semifinal sebagai juara grup A dengan hasil sempurna (3 kemenangan dalam 3 pertandingan). Pada pertandingan terakhir di Grup A, Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor tipis 2-1.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa, 7 Desember 2010, Indonesia tampil menggebrak dan menguasai pertandingan di menit-menit awal. Tanpa kehadiran Firman Utina, kreativitas lini tengah Indonesia agak tersendat.

Posisi Firman Utina digantikan oleh Eka Ramdani yang gagal berjalan optimal. Sementara Tony pun lebih sering fokus dengan pertahanan ketimbang berkolaborasi apik dengan Eka.

Kondisi itu dimanfaatkan dengan baik oleh Thailand untuk mendominasi laga. Beberapa kali tusukkan para pemain Thailand melalui kedua sisi lapangan kerap merepotkan pertahanan Indonesiayang dikomandoi kapten di laga ini, Maman Abdurrahman.

Kiper Markus Haris maulana yang di dua laga sebelumnya terlihat lebih santai kini dipaksa lebih sering bekerja keras. Kecepatan serta kelincahan Teerasil Dangda, ditambah kekuatan Kirati Keawsombut membuat Indonesia beberapa kali mendapat ancaman.

Beruntung, hingga turun minum Indonesia masih mampu menjaga gawangnya tetap aman. Skor tanpa gol mampu bertahan hingga jeda pertandingan.


Di babak kedua, skuad asuhan Bryan Robson itu kian agresif menyerang. Sejak awal paruh kedua, Indonesia lebih sering mendapat tekanan dari tim tamu. Setidaknya, dua kali Markus dipaksa berjibaku menahan gempuran Thailand. Salah satunya saat secara gemilang mampu menepis tendangan salto Keawsombut tepat di mulut gawang. Berikutnya giliran Maman yang mampu menghalau bola sepakkan pemain Thailand tepat digaris gawang saat Markus sudah meningalkan gawangnya.

Pada pertengahan babak kedua, Thailand sebenarnya mampu memecah kebuntuan saat kemelut di muka gawang mampu membuat Markus harus takluk. Namun, hakim garis lebih dulu mengangkat bendera karena Keawsombut telah dianggap offside .

Irfan yang sepanjang laga gagal menunjukkan kontribusi maksimal akhirnya ditarik keluar di laga ini. Masuknya Bambang diharapkan bisa menambah daya gedor Indonesia sejak pertengahan babak kedua. Meski begitu, tetap saja tak banyak perubahan yang mampu ditampilkan para pemain Indonesia. Thailand tetap mendominasi penuh serangan di sepanjang babak kedua ini.

Tekanan bergelombang yang dilakukan Tim Gajah Putih akhirnya membuahkan hasil. Gawang Indonesia yang selama lebih dari satu jam masih dinaungi Dewi Fortuna akhirnya harus jebol juga. Adalah Suree Sukha yang mampu memecah kebuntuan Thailand melalui tendangan voli diagonal yang bersarang telak di pojok gawang Markus.

Tak ingin dipermalukan di kandang sendiri, Riedl kembali coba mengubah taktik dengan memasukkan super-sub , Arif Suyono menggantikan Octavianus Maniani yang permainannya di laga ini memang kurang maksimal.

Dewi Fortuna akhirnya kembali berpihak ke kubu Indonesia memasuki sepuluh menit terakhir. Berawal dari umpan Eka, sontekkan Gonzales masih terhalang tiang gawang. Namun saat berniat menyambar bola muntah, Gonzales mendapat pelanggaran dari bek Thailand. Wasit pun menunjuk titik putih bagi tuan rumah.

Bepe yang kali ini dipercaya sebagai algojo penalti akhirnya mampu menyamakan kedudukan saat eksekusinya bersarang telak di gawang Hathairattanakool pada menit ke-81.

Gol itu membuat mental Indonesia mulai bangkit. Di sisa pertandingan, Indonesia akhirnya bisa mengimbangi serangan Thailand. Bahkan tekanan gencar Merah Putih mulai membuat Thailand gantian kerepotan.

Pada menit ke-87, petaka kembali menghampiri Thailand saat tendangan Arif mengenai lengan pemain Thailand di dalam kotak penalti. Hadiah penalti kembali diberikan untuk Indonesia, dan kartu kuning kedua untuk bek Thailand.

Bepe yang kembali dipercaya sebagai algojo akhirnya mampu membukukan gol keduanya sekaligus menaklukkan Hathairattanakool untuk kedua kalinya. Indonesia berbalik unggul 2-0 atas thailand. Tim Gajah Putih pun berada di ujung tanduk. begitu juga dengan status Robson di kursi pelatih Thailand.

Akhirnya, hingga wasit meniupkan pekuit panjang, skor 2-1 untuk Indonesia tetap bertahan. Kemenangan ini membuat Indonesia mencatat hasil sempurna selalu menang dari tiga pertandingan dan mengoleksi angka sembilan. Sedangkan Thailand tersisih karena dengan nilai dua, mereka kalah bersaing dengan Malaysia.

Di pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Palembang, Malaysia tampil meyakinkan dengan melipat Laos dengan skor 5-1 (lihat: Video Hasil Pertandingan Malaysia vs Laos). Dengan nilai empat, Malaysia melenggang sebagai runner-up.



Susunan pemain Indonesia vs Thailand:
Indonesia: 1-Markus Horison (g), 2-Mohammad Nasuha, 16-Muhammad Roby, 3-Zulkifli Syukur, 22-Muhammad Ridwan, 5-Maman Abdurahman (C), 6-Tony Sucipto, 8-Eka Ramdani (Ahmad Bustomi, 83'), 10-Oktovianus Maniani (Arif Suyono, 69'), 17-Irfan Haarys Bachdim (Bambang Pamungkas, 59'), 9-Christian Gonzales

Thailand: 18-Sinthaweechai Hathairattanakool (g), 2-Suree Sukha (Sunchao Nutnum, 76'), 3-Nattahaphong Samana, 5-Suttinun Phukhom, 6-Nataporn Phanrit (C), 7-Datsakorn Thonglao (Therdsak Chaiman, 67') 10-Teerasil Dangda, 11-Rangsan Vivatchaichok, 20-Panupong Wongsa, 25-Kirati Keawsombut (Sarayoot Chaikamdee, 72'), 28-Naruphol Ar-Romsawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar